NETBOOK ASUS INDIKATOR NYALA SEBENTAR TERUS MATI & LAYAR BLANK
NETBOOK ASUS

By wahyu 19 Feb 2018, 21:06:08 WIBService Komputer

NETBOOK ASUS INDIKATOR NYALA SEBENTAR TERUS MATI & LAYAR BLANK

Keterangan Gambar : Asus


Laptop Lampu Power Nyala Sebentar

Ini adalah salah satu jenis kerusakan laptop pada motherboardnya dimana jika laptop dinyalakan dengan menekan tombol power maka lampu indikator power akan menyala tanpa ada tampilan apapun yang muncul di layar LCD dan selang beberapa detik laptoppun akan mati sendiri. Kondisi ini terjadi saat laptop menggunakan charger saja atau battery saja atau kedua-duanya. 

Penyebab laptop nyala sebentar

Kenapa laptop bisa menyala lampu indikatornya namun hanya selang beberapa detik mati lagi? Yang jelas kerusakan laptop tersebut adalah pada motherboardnya dimana terdapat bagian tertentu pada motherboard yang tidak pada kondisi normal, bisa saja ada bagian komponen yang rusak short atau konslet ke bagian ground, atau ada ic yang solderan kaki-kakinya mulai melemah atau berkerak sehingga mengakibatkan koneksi antara ic tersebut dengan komponen lain terganggu maka arus (ampere)-pun akan naik dengan sendirinya, hal ini mengakibatkan system proteksi melakukan pemutusan arus karena melebihi standart yang sudah di tetapkan, laptoppun mati lagi. Penyebab lain adalah karena kerusakan beberapa komponen power yang tidak terhubung secara langsung ke ground, misalnya sebuah deoda yang putus atau ic power (sekunder) yang putus bagian sumber dan outputnya, namun biasanya kalau kerusakannya adalah putus laptop akan restart, tidak mati.

Cara memperbaiki laptop nyala sebentar dan blank

Cara memperbaikinya adaah sesuai dengan sumber penyebab kerusakannya, jika ada komponen yang rusak tentu saja harus di ganti dengan yang normal demikian juga jika komponen-nya putus. Untuk kerusakan yang disebabkan karena melemahnya kaki-kaki IC maka kita bisa melakukan pemanasan ulang pada ic tersebut dengan tujuan agar kaki-kakinya menjadi lebih kuat lagi seperti solderan baru.
Kali ini saya akan memberi contoh perbaikan pada sebuah laptop Acer Aspire 4520 yang ketika tombol powernya di tekan maka lampu indikator power akan menyala namun layar blank atau gelap dan setelah beberapa detik laptop akan mati lagi dengan sendirinya.
Setelah dianalisa ternyata IC VGA-nya melemah-solderan kaki-kakinya, maka sya melakukan pemanasan pada IC VGA ini dengan menggunakan blower dengan suhu 200 derajat celsius selama kurang lebih 1 menit dengan jarak antara IC dengan ujung mata blower kira-kira 5-10 CM. Setelah pemanasan dilakukan saya tunggu agar IC VGA tersebut turun suhunya dan tidak terlalu panas atau bahkan sampek panasnya hilang. Dan kemudian laptop di test dan ternyata laptop bisa kembali bekerja dengan normal, di test selama beberapa waktu tetap saja normal. Pekerjaan selesai dan berhasil.
Inilah cara untuk memperbaiki sebuah laptop yang bisa menyala lampu powernya namun layar gelap dan mati sendiri setelah kira-kira beberapa detik.



Share Artikel

Write a Facebook Comment

Komentari dari Facebook